• Post category:Finansial

Mulai Juli, Findaya Berhenti jadi GoPayLater

You are currently viewing Mulai Juli, Findaya Berhenti jadi GoPayLater

Findaya, perusahaan pinjaman online atau pinjol yang lebih dikenal dengan nama GoPayLater, akan berhenti menyediakan layanan paylater di Gojek dan Tokopedia. Aktivitas bisnis “buy now pay later” (BNPL) perusahaan yang bernama panjang PT Mapan Global Reksa ini akan dialihkan ke PT Multifinance Anak Bangsa. Kedua perusahaan ini sama-sama bernaung di bawah GoTo Group, alias PT Goto Gojek Tokopedia Tbk.

Pengalihan aktivitas finansial GoPayLater, menurut keterangan resmi Findaya, akan berlangsung pada Juli 2023.((Findaya — Informasi Terbaru GoPayLater, Buatmu Semakin Mudah Penuhi Kebutuhan)) Pindah mulai tanggal berapa? Findaya tak menyebut kapan tanggal pastinya. Yang jelas, perusahaan ini bilang kalau saat menggunakan aplikasi GoPayLater pada bulan Juli 2023, para pengguna akan diminta persetujuan atas pergantian operator paylater. Pengguna tidak perlu mendaftar ulang lagi, hanya perlu memberikan persetujuan.

Tentang alasan alih pengelolaan, Findaya menyebut hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih komplit. Sejumlah hal yang lebih baik pun disebutkan. Antara lain, limit maksimal pinjaman akan naik dari semula hanya Rp 3 juta menjadi Rp 20 juta. Tenor pembayaran pun semakin beragam, dari semula hanya 1 x menjadi bisa memilih antara 1x, 3x, 6x, ataupun 12x. Lebih detailnya silakan simak grafik berikut.

findaya berhenti jadi gopaylater
alih gopaylater / findaya

 

GoPayLater Cicil Pindah Juga?

Findaya tidak menyebut apakah GoPayLater yang dipindahkan hanya layanan GoPayLater saja, ataukah mencakup juga layanan lain yang menggunakan kata GoPayLater, yakni GoPayLater Cicil. Yang terakhir ini merupakan layanan GoPayLater untuk mencicil pembayaran pembelian aneka produk di marketplace Tokopedia.

Findaya tak bicara soal GoPayLater Cicil mungkin karena sudah tak punya wewenang lagi. Bisa begitu karena Findaya sudah menghentikan layanan GoPayLater Cicil yang disediakannya sejak 12 Desember 2023.((Tokopedia — Apa itu GoPayLater Cicil by Findaya?)) 

Juga, Findaya tak bicara mungkin karena selama ini dirinya bukan penyedia tunggal PayLaterCicil. Layanan ini juga disediakan oleh perusahaan multi finance PT Atome Finance Indonesia.((Gopay — Untuk Pengguna Terpilih: Praktis Nyicil Kebutuhan di Tokopedia pakai GoPayLater Cicil!)) 

Apakah GoPayLater Cicil versi Atome akan dialihkan juga ke PT Multifinance Anak Bangsa? Yes. Proses pengalihan bahkan sudah dimulai lebih awal : mulai 14 Juni 2023.12

GoPayLater Bukan Pinjol Lagi

Dengan bergantinya perusahaan finansial yang menjadi operator GoPayLater, maka GoPayLater kini tak lagi tergolong pinjol. Dalam artian GoPayLater tidak dikelola lagi oleh perusahaan yang berstatus perusahaan fintech lending atau peer-to-peer lending versi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selama ini Findaya atau PT Mapan Global Reksa beroperasi dengan izin pinjol dari OJK.((Cemplung — Satu Pinjol Dicabut, Pinjol Gojek Naik Kelas)) Sedangkan PT Multifinance Anak Bangsa beroperasi dengan izin sebagai perusahaan multifinance atau perusahaan pembiayaan. Tak beda dengan Kredivo atau Adira Finance. Juga sudah umum diketahui kalau PT Multifinance Anak Bangsa merupakan nama baru bagi PT Rama Multi Finance.((PT Multifinance Anak Bangsa – Tentang Kami))

Alih bisnis GoPayLater dari Findaya ke PT Multifinance Anak Bangsa (MAB) terbilang peralihan bisnis internal saja. Ini karena kedua-duanya sama-sama perusahaan yang berada di lingkungan GoTo Group. Keduanya terbilang perusahaan cucu. Keduanya dimiliki PT Goto Gojek Tokopedia Tbk lewat salah satu anak perusahaannya : PT Dompet Karya Anak Bangsa (DKAB).((GoTo —  Laporan Tahunan PT Goto Gojek Tokopedia Tbk 2022)) 

Masih belum diketahui apakah peralihan GoPayLater itu tergolong transaksi bisnis antara anak atau cucu perusahaan atau bukan. Beritanya masih harus ditunggu. Gopay sendiri pun belum angkat bicara. Mungkin karena masih sibuk menyiapkan aplikasi GoPay yang akan hadir terpisah dari aplikasi Gojek.

GoPay merupakan brand sekaligus layanan dompet digital milik PT Dompet Anak Bangsa (DAB). Perusahaan ini berbeda dari DKAB. Tak pakai kata ‘Karya’ pada nama perusahaannya. Tapi sebagaimana Findaya dan MAB, DAB juga merupakan anak perusahaan DKAB.  

Cerita lain yang juga belum ditebar adalah soal Findaya mau jadi apa setelah bulan Juli 2023. Akan terus beroperasi atau akan dipensiunkan? Atau mungkin sepenuhnya akan mengoperasikan GoModal, layanan pinjaman bagi UMKM mitra GoFood dan GoBiz.

Adapun PT Atome Finance Indonesia, sebagai perusahaan multifinance spesialis buy now pay later, tentu akan berjalan seperti biasa, di marketplace atau toko online selain Tokopedia. Sebagai perusahaan, Atome tidak terafiliasi dengan GoTo Group. Perusahaan ini merupakan bagian dari Advance Intelligence Group yang berbasis di Singapura.((Atome — Cerita Kami))

* * *  che ***

Link :

Findaya — www.findaya.co.id

PT Multifinance Anak Bangsa — www.mab.co.id

Gopay — www.gopay.co.id

GoTo Group — www.gotocompany.com

PT Atome Finance Indonesia — www.atome.id

Gojek – www.gojek.com 

Tokopedia – www.tokopedia.com

Update terakhir: 15 Juni 2023
  1. Tokopedia — Informasi Migrasi GoPaylater Cicil PT Multifinance Anak Bangsa []
  2. PT Multifinance Anak Bangsa — Update untuk pengguna GoPayLater Cicil! []