Berita / Komputer

Wise Care 365 : PC Cleaner Gratis dan Komplit

Jumat, 23 April 2021 23:21:56
63 klik
Oleh : cemplung



Wise Care 365 merupakan software pc cleaner yang bisa didownload dan digunakan secara gratis. Sebagai pc cleaner fungsinya tentu saja sudah jelas: untuk bersih-bersih pc, laptop, atau pun notebook. Wise Care 365, kalau dibaca riwayatnya, bukanlah software baru. Meski begitu namanya selama ini kalah pamor dari software sejenis buatan Amerika dan Eropa. Memangnya Wise Care 365 buatan mana? Seperti sekarang jadi trend, Wise Care 365 merupakan software buatan China. Nama perusahaannya, menurut pop-up yang dimunculkan Windows 10, adalah LeSpeed Technology Co Ltd. Di websitenya sendiri nama perusahaan ini sama sekali tak disebut. Mereka lebih suka menyebut diri sebagai Wise Care saja.

Dari namanya yang menggunakan angka 365, software pc cleaner ini diniatkan menjadi software terpadu untuk memelihara PC atau komputer agar senantiasa bugar dan siap pakai. Dan seperti biasa, software semacam ini juga mengklaim diri bisa mengoptimalkan dan mempercepat kerja komputer. Bisakah hal terakhir dilakukan Wise Care 365? Tak usah terlalu berharap. Tak ada komponen apapun dari software ini yang berkaitan dengan upaya memacu kerja komputer. Tak ada yang berhubungan dengan hardware komputer. Cukuplah fungsi pemeliharaan dan bersih-bersih PC-nya yang didayagunakan.

Wise Care 365 paling mutakhir adalah versi 5.6.5.566. Dan seperti umumnya software gratis lainnya, Wise Care 365 versi Free juga hadir bersama versi Premium, yang hadir dengan lebih banyak fungsi. Versi gratisnya, besar file downloadnya hanya sekitar 13,8 MB. File sebesar itu sudah software secara keseluruhan. Saat diinstal, atau pun setelah diinstall, Wise Care 365 tidak akan mendownload file tambahan. Softwarenya bisa langsung dipakai setelah diinstall. Dan enaknya, Wise Care 365 terbilang software yang enteng dan tidak memberatkan komputer: tidak banyak makan memori ataupun daya CPU.

Menjaga Kebugaran PC


Untuk urusan pemeliharaan PC atau komputer, Wise Care bisa menyisir komputer (hardisk) dengan cepat untuk menemukan file-file sampah, temporary file, log file, browser cache, dan berbagai file tak berguna lainnya. Dan yang lebih penting lagi, Wise Care 365 bisa menemukan dan membersihkan sampah yang ada di registry komputer yang ditinggalkan oleh software-software yang pernah di-uninstall. Semua fungsi bersih-bersih itu jadi sajian awal ketika mulai menjalankan Wise Cari 365. Meski begitu, Wise Care 365 cukup sopan dengan selalu menanyakan terlebih dahulu apakah saat itu ingin bersih-bersih PC atau tidak. Kalau setuju, Wise Care 365 langsung men-scan komputer untuk berburu junk file dan kawan-kawannya. Setelah scan selesai, Wise Care 365 menyajikan data sampah apa saja yang ditemukan. File apa saja dan dimana adanya bisa dilihat datanya. Selain menyajikan data, software ini juga bertanya lagi apakah sampahnya mau dibersihkan atau tidak. Kalau setuju, sang software akan melakukannya secara otomatis.

Benar-benar akurat hasil scan sampah-nya? Tidak juga. Cleaner tool pada halaman awal Wise Care 365, yang diberi label PC Checkup, sepertinya sengaja dihadirkan sebagai tool gerak cepat saja. Scan serba kilat. Untuk hasil lebih komplit, Wise Care 365 menyediakan tools yang dilabeli System Cleaner. Berbeda dari PC Checkup yang serba otomatis, tools yang ada di System Cleaner mesti dijalankan secara manual satu per satu. Wise Care 365 memilah tools yang ada di ke dalam 5 kategori:
  • Registry Cleaner, untuk mencari dan membersihkan registry
  • Common Cleaner, untuk mencari dan membersihkan file sampah, temporary file, log file, dan sebagainya
  • Advance Cleaner, untuk berburu sampah di seluruh hardisk yang ada (drive C, D, atau drive lainnya), alias file-file yang ada di luar folder sistem operasi Windows 10 dan folder software
  • System Slimming, untuk meng-uninstall software bawaan Windows 10 yang tak esensial, termasuk help file dan wallpaper.
  • Big File Manager, untuk mencari file-file besar yang dianggap tidak berguna. Fitur ini sayangnya tak ada di Wise Care 365 versi gratis.


Optimasi Komputer


Selain PC Checkup dan System Cleaner, Wise Care 365 masih punya 3 tools utama lagi. Yakni System Tuneup, Privacy Protector, dan System Monitor. Tak ada fungsionalitas baru atau yang khas LeSpeed Technology pada ketiganya. System Tuneup terdiri dari System Optimizer (untuk meng-on-off-kan berbagai komponen Windows 10 guna mengentengkan komptuer), Disk Defrag (untuk menata ulang isi hardisk), Registry Defrag (merapikan isi file Windows Registry), Startup Manager (mendata program apa saja yang berjalan saat komputer dihidupkan), dan Context Menu (tools untuk menghidupmatikan context menu di Windows, yang sayangnya hanya ada di versi Pro atau premium, padahal sudah umum dan gratis di software pc leaner lainnya).

Tools yang lebih serius ada di kelompok Privacy Protector. Tools pertama adalah Privacy Eraser, yang berfungsi menghapus berbagai history. Mulai dari history browser, history file yang pernah dibuka, history foto yang pernah dilihat, dan aneka history lainnya. Pentingkah tools ini? Sepertinya tak penting-penting amat. Dan yang pasti, tools ini tak bisa dipakai karena hanya untuk versi Pro. Tools lain di kateogir Privacy Eraser, yang gratis, adalah Disk Erase (untuk menghapus secara sungguh-sunguh file yang sudah didelete lewat Windows Explorer), File Shredder (untuk mencegah file yang pernah di-delete dari kemungkin di-restore), dan Password Generator (tools untuk membuat password yang kuat dan aman).

Tools yang terakhir adalah System Monitor. Tools ini sepertinya tidak terlalu penting. Tool pertama di kategori ini adalah Process Monitor, yang sama dengan Task Manager Windows 10. Tools kedua, Operating System, hanya menyajikan info sistem opeasi yang dipakai. Tools ketiga, Hardware Overview, menampillkan informasi perangkat keras komputer: mulai dari prosesor, mainboard, graphic card, sound card, networkd adapter, hard disk, dan sebagainya. Data hardwarenya tak selalu akurat. Info processor, misalnya, bisa salah baca. Intel Core i5 kadang terbaca sebagai Intel Core i3.



Download Software Ekstra


Meski deretan tool atau utility di atas sudah lumayan banyak, Wise Care 365 masih berupa menjadikan dirinya benar-benar komplit: 365 derajat seutuhnya. Karenanya, pada tampilan awalnya, Wise Care 365 menampilkan sederet tools ekstra yang ---kalau mau--- bisa didownload untuk menambah fungsionalitas sang software. Saat ini yang tersedia adalah Duplicate Finder, Force Deleter, Auto Shutdown, Data Recovery, Fast Search, Memory Optimizer, Program Uninstaller (yang gampang crash karena slow dalam menscan file-file yang tersisa dari software yang di-uninstall), Wise Reminder, dan Game Booster. Kalau tak ingin repot-repot mencari software lain untuk menjalankan fungsi sesuai nama tools ekstra tadi, ya silakan saja klik dan install. Proses downloadnya otomatis. Installnya pun otomatis tanpa menggangu Wise Care 365 yang sedang digunakan. Meski begitu, di Control Panel Windows, tools tambahan ini akan tercatat sebagai software terpisah. Juga akan muncul di Start Menu, terpisah dari Wise Care 365.

Baguskah Wise Care 365?


Zaman sekarang rasanya tak perlu bicara bagus tidaknya software. Apalagi kalau software-nya software gratisan. Yang penting fungsionalitasnya. Kalau fungsinya komplit, ya pakai saja. Kalau tak komplit dan tak suka, buang saja. Cari software lain. Masih teramat banyak software pc cleaner lain yang juga gratis. Termasuk yang buatan China juga, semacam Advanced SystemCare buatan Iobit. Dan yang penting, softwarenya aman. Bebas virus. Bebas malware. Wise Care 365 kebetulan lolos scan dan tak pernah terganjal Windows Defender, Windows Security, dan juga Comodo Internet Security. Tak seperti saudara senegara yang barusan disebut, Advanced SystemCare. Sejak beberapa versi terakhir, Advanced System Care terjaring 3 software sekuriti yang tadi disebut, karena mengandung dan menyusupkan malware. ***

Download Wise Care 365 - www.wisecleaner.com (13,8 MB)

Berita Komputer Lainnya