Berita / Bisnis
 
Makanan Halal: Siapa Yang jadi Raja Pasar?
Sabtu, 11 Februari 2017, 16:37:34 Clicks: 702 Send to a friend Print Version
Technavio, perusahaan riset pasar berbasis di London, merilis daftar 8 produsen makanan halal yang merajai pasar makanan halal dunia. Perusahaan-perusahaan itu, bersama 12 perusahaan ternama lainnya, menikmati nilai pasar produk pangan halal dunia yang pada 2019 nilainya ditaksir mencapai lebih dari 1 triliun dollar. Dari pasar pangan halal sebesar itu, sebagian besar di antaranya berupa pasar makanan halal berupa daging dan hewan hidup.

'Segmen utama pasar makanan halal adalah daging dan ternak. Ini karena negara-negara anggota OKI (Organisasi Konfrensi Islam) mengimpor hampir 85 persen kebutuhan daging dan ternaknya,'' kata Arushi Thakur, salah satu analis senior di Technavio, lewat rilisnya di Business Wire (11/2/2016). Lebih jauh ia memaparkan 8 perusahaan yang sekarang jadi pemain utama di bisnis makanan halal dunia, seperti dipaparkan di bawah ini.

Al Islami Foods - Bermarkas di Dubai, Uni Emirat Arab, perusahaan ini berdiri sejak 1981. Al Islami Food menjual produk halalnya ke berbagai negara di Timur Tengah. Produknya antara lain daging kambing, sosis, kebab, daging, burger, dan daging giling. Pada Juni 2014, perusahaan ini membangun pabrik baru yang memproduksi pakan ternak, snack, dan seafood. Pada 2015, Al Islami Food memperluas pasarnya ke Rusia, Azerbaijan, dan sejumlah negara lainnya.

BRF - Berdiri sejak 1934, BRF merupakan produsen pangan berprotein (beku dan segar) yang berpusat di Brazil. Selain menjuang produk daging olahan halal, perusahaan ini juga sejak lama memproduksi produk hewan non-halal.

Kawan Foods - Berbasis di India, perusahaan ini memproduksi berbagai roti khas India (terutama parataha dan chapati) dan berbagai produk berbahan kedelai. Berbagai makanan bekunya diekspor ke banyak negara: Australia, Brunei, Kamboja, Bahrain, Hong Kong, Indonesia, Singapore, Ireland, South Korea, Kuwait, Maldives, Mauritius, Selandia baru, Norwegia, Filipina, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Singapura, Inggris, Kanada, dan AS. Pada September 2015, Kawan Foods bermitra dengan Wan Zong Pu dan Xuan Zheng Miao untuk memprouksi dan memasarkan daging halal di China dan negara tetangganya.

Nestle - Nestle dan berbagai anak perusahaannya suidah menjadi pemain lama di pasar makanan halal dunia.

Prima Agri-Products - Bermarkas di Malaysia, perusahaan yang hadir sejak 1987 ini memproduksi daging halal yang di ekspor ke berbagai negara di Asia Tenggah, Timur Tengah, dan Eropa.

QL Foods - Berpusat di Perak, Malaysia, perusahaan ini memproduksi aneka produk seafood beku. Makanan produksinya yang mencapai 80 metrik ton per hari diekspor ke Singapura, China, INdonesia, Australia, Hongkong, Jepang, Korea, Kanada, dan AS.

Tahira - Tahira dikenal sebagai produsen utama makanan halal di pasar Inggris dan Eropa. Hanya memproduksi makanan halal, produk halalnya di pasar lewat berbagai jaringan ritel top di Eropa: Asda, Budgens, Batleys, Somerfield, Bestway, Lidl, TRS, dan Makrof. Dan tentunya juga lewat lebih dari 1.800 peritel yang ada di Eropa.

Saffron Road - Berdiri sejak 2010 di Stamford, Connecticut, As, Saffron Road memproduksi nugget ayam dan aneka makan beku lainnya. Pada 2015, Saffron Road mengakuisisi Mediterranean Snack Foods Company, yang memproduksi aneka snack dan makanan ringan lainnya. ***
 
More Bisnis News
. 15 Produk Militer Indonesia Siap Produksi Massal
. Martha Tilaar Group Rajai Pasar Kosmetik Halal Dunia

Berita Hot