Berita / Internet
 
Corian Perkuat Backbone Serat Optik Dumai-Dangas Telkom
Kamis, 23 Februari 2017, 15:28:25 Clicks: 1430 Send to a friend Print Version
Corian, penyedia solusi jaringan fiberoptik berbasis SDN (software defined network) asal AS dan Jerman, sudah merampungkan instalasi teknologi optical transport dan universal switching pada jaringan backbone fiber optik dan terestrial milik PT Telkom Indonesia. Rampung pada akhir 2016, penerapan teknologi Corian itu akan meningkatkan kinerja dan kapasitas jaringan terestrial dan kabel serat optik bawah laut Telkom, guna memenuhi meningkatnya permintaan layanan jaringan broadband, baik via kabel maupun mobile.

Lewat solusi yang disediakan Corian, Telkom bisa meningkatkan infrastruktur DWDM (dense wavelength-division multiplexing) jaringan terestrialnya menjadi 100G per channel, tanpa mengganti sistem transmisi yang ada. Selanjutnya, sistem tersebut dipadukan dengan teknologi CorianthiT 7300Multi-Haul Transport Platform dan Coriant CloudWave Optics yang dipakai untuk meningkatkan kapasitas jaringan kabel bawah laut Jasuka (Jawa-Sumatera-Kalimantan). Paduan teknologi terestrial dan fiber optik itu diterapkan di jalur kabel bawah laut sepanjang 350 kilometer antar Dumai dengan Dangas (Bukit Dangas, Batam).

Untuk melengkapinya, Corian juga mengimplementasikan mTera Universtal Transport Program (UTP) yang dipakai untuk mengoptimalkan trafik dan memaksimalkan penggunaan jaringan serat optik untuk perluasan jaringan. Sedangkan untuk mengendalikan keterpaduan semua perangkat jaringannya, Telkom menggunakan Corian Transport Network Management System: platform yang bisa mengontrol semua titik jaringan, melakukan provisioning otomatis, dan merencanakan perluasan jaringan.

''Telkom masih menjadi pemain utama di bisnis jaringan kabel tetap dan mobile di kawasan Asia Tenggara, dan karenannya kami gembira bisa terus mendukungnya dalam menghadapi tantangan pertumbuhan peningkatan trafik jaringan optiknya,'' kata Tarcisio Ribeiro, Executive VP Coriant, via Business Wire (23/2).

Agus Subandrio, Deputy EGM of Backbone and Core Network Planning and Deployment PT Telkom, mengatakan, penerapan teknologi Corian memang dimaksudkan untuk menjadikan infrastruktur jaringan yang mengikuti perkembangan teknologi yang membisa memberikan pengalaman digital terbaik bagi para konsumen Telkom. ''Dengan terus meningkatnya kebutuhan komunikasi data di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara, solusi advanced traffic grooming, switching, and transport' yang disediakan Corian memungkinkan kami meningkatkan kapasitas backbone dan memberikan layanan tanpa interupsi di berbagai kondisi jaringan,'' kata Agus Subandrio. ***
 
More Internet News
. Android Akhirnya Benar-benar Tumbangkan Windows

Pesan Hotel Murah
Cari hotel di mana pun. Yang termahal sampai yang termurah.

Tiket Pesawat Murah
Terbang ke mana saja. Dapatkan tiket termurah di tanggal berangkat yang Anda mau.

Berita Hot