Berita / Komputer
 
Android Akhirnya Benar-benar Tumbangkan Windows
Selasa, 04 April 2017, 13:43:15 Clicks: 362 Send to a friend Print Version
Android, sebagai sistem operasi (OS), untuk pertama kalinya, dipastikan benar-benar menyalip popularitas OS Windows di seluruh dunia. Dengan catatan: Android unggul dari Windows dalam hal penggunaannya untuk mengakses internet. Juga, statistik keunggulannya berdasarkan total beragam perangkat yang dipakai: ponsel, tablet, laptop, dan desktop.

Yang mengumumkan kesuksesan Android melibas Windows adalah StatCounter, perusahaan web analytic independen yang bermarkas di San Fransisco, Kalifornia. Yang menjadi dasar kesimpulannya adalah data sepanjang bulan Maret 2017 lalu. Disebutkan, Android berhasil merebut mahkota penggunaan OS untuk intenetan dengan pangsa pasar sebesar 37,93 persen, atau unggul tipis dari WIndows yang meraih pasar 37,91 persen.

''Ini merupakan tonggak sejarah baru dalam sejarah teknologi. Juga menjadi penanda berakhirnya sebuah era,'' kata CEO StatCounter Aodhan Cullen, lewat press release yang ditebar kemarin (3/4). ''Fenomena ini menjadi penanda berakhir kepemimpinan Micorosoft di pasar OS dunia yang sudah ditempatinya sejak 1980-an. Sedangkan bagi Android, hal ini merupakan terobosan besar karena sebagai OS, 5 tahun lalu dia hanya digunakan oleh sekitar 2,4 persen pengguna internet.''

Soal penyebabnya, Cullen menyebut semakin tingginya penggunaan smartphone untuk mengakses internet sebagai faktor utama. Penyebab lain, angka penjualan PC tradisional menurun. Penyebab lain lagi, semakin tinggi peran serta Asia di pasar global.

Di jagad perangkat desktop sendiri, PC dan Laptop, Window masih menjadi rajanya. 84 persen PC dan laptop yang dipakai mengakses internet masih menggunakan OS Windows.

''Windows menang di perang desktop. Tapi masalahnya, medan pertempuran sekarang sudah pindah,'' kata Aodhan Cullen, merujuk meningkatnya penggunaan perangkat mobile.

Lantas, bisakah Microsoft memulihkan statusnya sebagai raja OS segala perangkat? Menurut Cullen, saat ini Microsoft memang sulit untuk bertarung di dunia mobile. Tapi, mengingat sekarang ini sedang berlangsung perubahan menuju paradigma baru di bidang teknologi informasi, Microsoft masih punya peluang. Paradigma baru apa? Tak lain adalah semakin populernya augmented reality, artifial inteligence (AI), Voice, dan'Continuum. Yang terkakhir ini adalah produk yang tengah ramai dikembangkan untuk menggantikan dekstop dan smartphone dengan sebuah telepon buatan microsoft.

Tersalip di pasar dunia, Windows masih berjaya di pasar regional. Di Amerika Utara, Windows (semua versi) meraih pangsa pasar 39,5 persen di bulan Maret, disusul iOS yang memperoleh 25,7 persen pasar. Sedangkan Andorid berada di urutan ke-tiga dengan 21,2 persen pasar. Di Eropa, kinerja Windows lebih hebat lagi, 51,7 persen, atau lebih dari dua kali lipat pangsa pasar Android yang 23,6 persen. Dan seperti sudah disinggung tadi, Asia yang membantu menjomplangkan Windows. Di Asia, pangsa pasar Android mencapai 52,2 persen, sementara Windows hanya 29,2 persen. ***
 
More Komputer News
. Driver Booster 4.2, Solusi Mudah Update Driver PC dan Laptop

Berita Hot