PT Astra Agro Lestari Tbk

PT Astra Agro Lestari Tbk (AAL) adalah anak perusahaan PT Astra International Tbk dengan kepemilikan 79,7 persen. Perusahaan perkebunan kelapa sawit ini berdiri tahun 1988 dengan nama PT Suryaraya Cakrawala, yang kemudian pernah berganti nama menjadi PT Astra Agro Niaga, dan akhirnya menjadi PT Astra Agro Lestari Tbk pada 1995.

Perkebunan kelapa sawit PT Astra Agro Lestari berada di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Luas seluruh lahan perkebunan sawitnya mencapai 285.025 hektar. Sebagian perkebunan dikerjakan sendiri (perkebunan inti, 77 persen) dan sebagian lagi bekerjasama dengan para petani kelapa sawit (kebun plasma, 23 persen). Produk utama kelapa sawit yang dihasilkannya berupa minyak sawit (CPO, crude palm oil) dan kernel sawit (PKO, palm kernel oil).

Pada 2010, PT Astra Agro Lestarti Tbk membentuk Yayasan Astra Agro Lestari guna meneyediakan sarana pendidikan bagi karyawan dan masyarakat sekitar perkebunan. Yayasan ini mengelola 60 sekolah swasta dan membantu 194 sekolah milik pemerintah.

Seluruh saham PT Astra Agro Lestari dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada 2016 guna menghimpun dana Rp 4 triliun. Pada akhir 2018, nilai kapitalisasi pasarnya sebesar Rp 22,8 triliun.

Pendapatan dari usaha sawit menyumbang 8 persen dari pendapatan Astra Group. Pendapatan pada 2018 naik 10 persen menjadi 19,1 trilun, dari Rp 17,3 triliun pada 2017. Meski begitu, laba bersih yang dihasilkan usaha agribisnis Astra Group pada tahun 2018 turun 27% menjadi Rp 1,1 triliun, dari Rp 1,6 triliun pada tahun 2017. Penurunan ini disebabkan oleh turunnya harga minyak kelapa sawit.1

Investasi

2013 - Mendirikan Astra-KLK Pte Ltd, perusahaan patungan dengan KL-Kepong Plantation Holdings Sdn Bhd, untuk memasarkan produk olahan minyak kelapa sawit.

2015 - Mengakuisisi 50% saham PT Kreasijaya Adhikarya, perusahaan kilang minyak sawit di Dumai, Riau, berkapasitas produksi 2.000 ton CPO per hari.

2016 - Bersama anak perusahaannya, PT Eka Dura Perdana, mengakuisisi PT Mitra Barito Gemilang, perusahaan perkebunan karet di Kalimantan Tengah. Dengan akuisisi ini, luas perkebunan karet AAL menjadi 1.700 hektar

Bisnis

Perkebunan Kelapa Sawit
Pengolahan Kelapa Sawit (palm oil processing)
Pengolahan Inti Sawit (kernel crushing)
Pengolahan Minyak Sawit (CPO refinery)
Pengolahan Minyak Inti Sawit (KPO refinery)
Pabrik Pencampuran Pupuk NPK
Perdagangan Komoditas CPO
Peternakan Sapi
Perkebunan Karet

Anak Perusahaan

Astra-KLK Pte Ltd, perdagangan komoditas sawit.
PT Eka Dura Perdana, perkebunan karet.
PT Mitra Barito Gemilang, perkebunan karet.
PT Tanjung Sarana Lestari, pabrik pengolahan minyak sawit.
PT Tanjung Bina Lestari, pabrik pengolahan minyak sawit.
PT Kreasijaya Adhikarya, pabrik pengolahan minyak sawit.
PT Agro Menara Rachmat, peternakan sapi.

Keluarga Besar Agribisnis Astra

Kantor Pusat

Jl. Pulo Ayang Raya, Blok OR-1
Kawasan Industri Pulogadung
Jakarta Timur
DKI Jakarta


Perusahaan Perusahaan Publik Agribisnis Kelapa Sawit Karet Astra Group
 Referensi 1: Laporan Tahunan PT Astra International Tbk 2018

© 2019 - Cemplung.com